Steam Deck Dari Valve Menjadi Pesaing Nintendo Switch

Terpopuler

Valve akhirnya mengungkap keberadaan perangkat PC portable bernama Steam Deck. Deck Steam ini terlihat seperti konsol Nintendo Switch, menjalankan SteamOS dan dapat memainkan semua game Steam.

Sebagai PC yang lebih portabel, konsol game dari Valve ini dapat bertindak seperti komputer. Informasi ini diperoleh dari GSM Arena pada Jumat 16 Juli 2021.

Steam Deck ini akan mulai dijual pada Desember 2021 dan pre-order akan dimulai pada 16 Juli. Untuk harga, perangkat milik Valve ini akan dijual seharga $399 atau Rp5,8 juta. Perusahaan juga menjual model masing-masing seharga Rp 7,6 juta dan Rp 9,4 juta.

Steam Deck

Untuk spesifikasi, Steam Deck menggunakan prosesor quad-core AMD APU Zen 2, VGA AMD RDNA 2, dan RAM LPDDR5 16GB.

Untuk penyimpanan, dek Steam dilengkapi dengan penyimpanan eMMC 64GB, SSD NVMe 256GB, dan SSD NVMe 512GB. Pengguna juga dapat menggunakan slot kartu microSD untuk menambah kapasitas. Seperti Nintendo Switch atau PlayStation Vita, ada stik analog di kedua sisi layar sentuh 7 inci (720p) dengan tombol silang di sebelah kiri dan tombol ABXY di sebelah kanan.

Tidak seperti kebanyakan pengontrol lainnya, Valve menempatkan kenop Steam Deck di satu lokasi dan pada bidang yang sama dengan kenop analog.

Karena memiliki ruang kosong, di bawah konsol diisi dengan dua bantalan sentuh kapasitif yang menggantikan mouse.

Seperti Nintendo Switch, Steam Deck juga memiliki dua tombol pemicu atas di setiap sisi, empat tombol di bagian belakang unit (dua di setiap sisi), dan mikrofon internal.

Valve mengklaim bahwa baterai konsol dapat bertahan selama berjam-jam saat memainkan sebagian besar game Steam.

“Untuk kasus penggunaan yang lebih ringan, seperti streaming game, game 2D kecil, dan Internetan, Anda dapat mengharapkan masa pakai baterai hingga sekitar 78 jam,” kata Valve.

Steam Deck menawarkan fitur jeda cepat atau lanjutkan yang ada di dalam SteamOS yang memungkinkan pemain untuk menidurkan perangkat (sleep mode) dan melanjutkan sesi permainan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini