Buat Dan Perpanjang SIM Online Dengan Aplikasi SINAR

Terpopuler

Surel.id - Mulai besok masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan maupun pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) bisa dilakukan secara online atau daring. Korlantas Polri akan menghadirkan aplikasi khusus perpanjangan masa berlaku SIM A dan C.

SINAR atau SIM Presisi Nasional akan mulai diluncurkan besok 13 April 2021. Masyarakat yang ingin membuat SIM A dan C bisa mengunduh aplikasinya melalui App Store atau Play Store.

Bagi Masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM yang mendekati masa kadaluarsa akan lebih efisien, sebab pengurusan dapat dilakukan di mana saja. Para pemilik SIM juga tak perlu mengantri di lokasi pembuatan seperti sebelumnya.

Dengan aplikasi SINAR ini nantinya segala proses pendaftaran dan pengujian dilakukan secara transparan melalui aplikasi. Tidak hanya pengujian teori, terdapat juga tes psikologi yang menggunakan aplikasi E-Ppsi serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Walau begitu, khusus pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus mengunjungi Satpas untuk uji praktik. Uji praktik merupakan salah satu syarat penting untuk mengetes kemampuan mengemudi pemohon dan berinteraksi pada berbagai kondisi termasuk membaca rambu lalu lintas dalam kondisi sebenarnya. Uji praktek sejauh ini tidak memungkinkan untuk dilakukan secara online.

Cara memperpanjang SIM Online 

Tanpa perlu antre, berikut cara memperpanjang SIM secara online:

  • Buka laman http://sim.korlantas.polri.go.id
  • Pilih menu “Pendaftaran SIM Online”
  • Pilih opsi “Perpanjang SIM” pada kolom jenis permohonan
  • Isi data permohonan SIM baru
  • Input kode verifikasi, kemudian tekan tombol kirim. Bukti registrasi perpanjangan SIM akan dikirim melalui e-mail.
  • Pemilik SIM melakukan pembayaran perpanjangan SIM melalui BRI. Biaya BNBP perpanjangan SIM sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis BNBP yang berlaku.
  • Tahap berikutnya, yaitu memilih tanggal kedatangan untuk melakukan mekanisme perpanjangan SIM di satpas yang dipilih.

Perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan mulai dari 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis.

Namun, sampai saat berita ini diturunkan halaman website yang dimaksud masih dalam perbaikan (http://sim.korlantas.polri.go.id). Semoga besok sudah bisa digunakan bagi masyarakat yang ingin mengurus SIM Online.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini