Hapus Aplikasi Ini, Karena Bisa Masuk ke Sistem Perbankan!

Terpopuler

Peneliti keamanan siber dari Check Point Research menyatakan, bahwa ada sebuah aplikasi di android yang bisa masuk ke aplikasi keuangan pada saat pengunduhan. Mereka juga menyebut, bahwa adanya dropper yang dipicu oleh penyerang jarak jauh, dengan memasukkan kode berbahaya dan mengaendalikan handset korban.

Dropper bernama Clast82 bisa menghindari deteksi oleh Google Play Protect, dan dapat mengubah muatan dari aplikasi yang tidak berbahaya menjadi aplikasi yang mampu mengakses akun keuangan.

Check Point juga menyebut, setelah mengambil perangkat, penyerang memiliki kemampuan untuk mengontrol fungsi tertentu, sama seperti jika mereka memegang perangkat fisik.  Misalnya saja dengan menginstal aplikasi baru di perangkat, atau bahkan mengontrolnya dengan TeamViewer.

Dimana yang disebutkan terakhir banyak digunakan oleh perusahaan sebagai aplikasi untuk mendapatkan akses jarak jauh guna membantu layanan perangkat yang tidak berfungsi.

“Sebuah solusi yang memantau perangkat itu sendiri, terus-menerus memindai koneksi jaringan dan perilaku oleh aplikasi akan dapat mendeteksi perilaku tersebut,” kata Check Point.

Adapun temuan ini terbongkar pada 27 Januari lalu, masalah ini juga dibahas dengan Google, tak lama kemudian pada 9 Februari, Google mengkonfirmasi bahwa semua aplikasi Clast82 telah dihapus dari Google Play Store.

Namun, meski sudah dihapus dari etalase aplikasi androidm aplikasi tersebut bisa saja masih berada di handphone anda.

Nah, ini ada sekitar sembilan aplikasi yang harus kamu hapus dari HP, dan hapus juga instalannya, pastikan tak ada lagi di smartphone anda.

– Cake VPN (com.lazycoder.cakevpns)

– Pacific VPN (com.protectvpn.freeapp)

– eVPN (com.abcd.evpnfree)

– BeatPlayer (com.crrl.beatplayers)

– QR / Barcode Scanner MAX (com.bezrukd.qrcodebarcode)

– Pemutar Musik (com.revosleap.samplemusicplayers)

– tooltipnatorlibrary (com.mistergrizzlys.docscanpro)

– QRecorder (com.record.callvoicerecorder)

– eVPN (com.abcd.evpnfree)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini