Cek Tagihan Listrik Online, Lebih Cepan dan Mudah

Terpopuler

Awal bulan jangan lupa bayar listrik. Di zaman serba canggih seperti saat ini, kamu bisa melihatnya melalui ponsel. Sehingga kamu bisa cek tagihan listrik di mana saja, kapan saja, bahkan dari rumah sekalipun.

Saat ini PT PLN (Persero) memberikan kemudahan untuk melakukan cek tagihan listrik dengan dua cara, yaitu melalui website dan PLN Mobile.

Untuk lebih detailnya, berikut tata cara Cek tagihan listrik.

Berikut langkah mengecek tagihan dan membayar listrik melalui website resmi:

  1. Masuk browser dan kunjungi laman https://layanan.pln.co.id/.
  2. Pilih menu “Info Lainnya” lalu pilih “Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token”.
  3. Login terlebih dahulu. Namun jika belum memiliki akun, Anda bisa buat akun terlebih dahulu dengan mengeklik “Daftar Akun”.
  4. Kemudian isi nama pemohon, email, ID Pelanggan/No. Meter, nomor handphone, kata sandi, konfirmasi kata sandi dan kode chapta. Lalu centang persetujuan syarat dan ketentuan.
  5. Selanjutnya klik “Daftar”.
  6. Setelah memiliki akun dan login, sistem akan otomatis menampilkan rincian tagihan listrik.

Berikut langkah mengecek tagihan dan membayar listrik menggunakan aplikasi PLN Mobile:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Klik menu Token & Tagihan Listrik
  3. Masukkan ID Pelanggan atau pilih ID Pelanggan yang telah terdaftar
  4. Bagi pelanggan pasca bayar akan muncul nominal tagihan pemakaian, pilih tagihan tersebut, kemudian klik tombol “Pilih Tagihan”. Selanjutnya akan muncul Detail Tagihan dan klik “Lanjutkan Pembayaran”, kemudian pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Cek tagihan listrik online bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Berbeda dengan cara konvensional yang mengharuskan pelanggan datang ke kantor PLN terdekat.

Bagi pelanggan listrik pascabayar, PLN melakukan perhitungan tagihan listrik menggunakan hasil pencatatan dan pengecekan fisik petugas PLN terhadap angka kWh meter yang terpasang di rumah pelanggan.

Selain itu, pelanggan juga bisa melakukan catat meter mandiri yang dikirim pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Catat meter mandiri melalui menu Catat Meter bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

Sekarang pelanggan juga bisa melaporkan langsung angka penggunaan listrik di kWh meternya melalui aplikasi PLN Mobile. Selain lebih mudah, pelanggan juga bisa langsung mendapatkan estimasi tagihan listriknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini