Apa Sih Hebatnya Xiaomi 4 Sisi Layar Melengkung?

Terpopuler

Xiaomi secara resmi memperkenalkan smartphone konsep pertama dengan desain quad-curved, dengan layar lengkung di empat sisi.

Dalam situs blog resminya, Jumat, Xiaomi menyebutkan layar tersebut memiliki kelengkungan 88 derajat yang memungkinkan antarmuka visual “air mengalir di atas permukaan layar.”

Hampir seluruh frame smartphone tertutup oleh layar, sedangkan bodinya tidak memiliki port atau tombol, mengedepankan desain tanpa port, atau yang disebut unibody, yang futuristik.

Baca Juga: Asteroid Sepanjang 1,7 Km Lintasi Bumi Maret Mendatang, Bahayakah?

“Xiaomi tidak pernah berhenti berinovasi, berusaha untuk menemukan keseimbangan terbaik antara imajinasi dan kenyataan. Mendorong batasan bentuk smartphone, insinyur Xiaomi mencoba membuat smartphone sesederhana mungkin dan membawa bentuk “hanya layar” selangkah lebih dekat ke kehidupan,” ujar Xiaomi.

Xiaomi menyebut tantangan terbesar dalam memproduksi “layar air terjun” empat sisi pertama di industri itu bukanlah pada menekuk layar, melainkan dalam pembuatan panel kaca lengkung segi empat 88 derajat dan proses 3D.

“Memoles sepotong kaca hyper-curved dengan lengkungan 88 derajat di empat sisi membutuhkan peralatan pemrosesan kaca yang dikembangkan sendiri, pembengkokan panas di bawah suhu dan tekanan 800 derajat Celcius, empat alat pemoles berbeda, dan hingga lebih dari sepuluh prosedur pemolesan kompleks,” Xiaomi menjelaskan.

Untuk memasang bagian kaca lengkung 88 derajat ke empat sisi, desain susunan layar diadopsi melalui proses pengikatan 3D.

Baca Juga: Smartphone Second Ternyata Sisakan 90% Data Sensitif!

Selanjutnya, bentuk layar merupakan faktor krusial dalam menentukan bentuk smartphone masa depan. Dengan terobosan baru quad-curved, Xoaomi juga menghadirkan smartphone unibody tanpa port.

Desain ini memastikan bahwa hampir semua sisi ponsel tertutup oleh layar. Untuk melakukan ini, Xiaomi telah mengembangkan 46 teknologi paten, di mana port fisik dan tombol fungsinya dapat direplikasi oleh alternatif lain.

Dalam perangkat tersebut, Xiaomi juga mengembangkan berbagai teknologi, termasuk keramik piezoelektrik yang sangat tipis, teknologi tampilan film fleksibel yang diklaim pertama di industri, kamera di bawah layar generasi ketiga, pengisian daya nirkabel, chip eSIM dan sensor sentuh yang sensitif terhadap tekanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini