Ganggu Persiapan Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Belize Dihadang Pemberontak Haiti

Terpopuler

Perjalanan Timnas Belize untuk tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika tengah tak seindah yang dibayangkan.

Pasalnya, skuad Berjuluk The Jaguar itu dihadang dan ditahan oleh pemberontak yang membawa senapan serbu di Haiti pada Senin kemaren.

Kala itu, mereka sedang menuju ke hotel dari bandara. Beruntung kasi menegangkan tersebut dapat diabadikan oleh Federasi Sepak Bola Belize (FFB) dan diunggahnya ke Facebook.

“Meskipun pengawalan polisi beranggotakan empat orang, bus tim dihentikan oleh … pemberontak dengan sepeda motor,” tulisnya.

FFB juga menuliskan setelah itu, pihak aprat pengawalan kemudian turun dan melakukan negaosiasi dengan geng bersenjata tersebut untuk pembebasan tim.

 

“Kami dengan senang hati melaporkan bahwa tim kami, meskipun terguncang oleh pengalaman mengerikan mereka, aman berada di hotel mereka,” tulisnya.

Saat ini, FFB juga sedang melakukan komunikasi dengan FIFA dan federasi sepak bola regional Concacaf untuk membawa Timnas Belize ke wilayah yang lebih aman.

“Itu adalah momen ketakutan yang luar biasa,” kata wakil kapten dari Belize, Deon McCauley.

Sebagai informasi, Haiti sendiri saat ini berada di tengah krisis ekonomi dan politik. Bahkan, mereka telah berada dalam keadaan status darurat sejak 18 Maret lalu.

Hal itu juga membuat jaringan kriminal menjalankan kendali penuh atas beberapa lingkungan kumuh, miskin dan padat penduduk di ibu kota negara serta menciptakan zona “terlarang” dimana mereka menahan korban penculikan.

Menurut kabar yang beredar, Haiti telah mengalami lonjakan penculikan untuk mendapatkan tebusan dalam beberapa bulan terakhir. Para korban tersebut tergolong dari orang kaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini