Mantan Atlet Voli Perempuan Ini Ternyata Pria!

Terpopuler

Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang lahir sebagai laki-laki dengan kelainan hipospadia. Pernyataan mengejutkan ini datang dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa pada konfrensi pers terkait ramai perbincangan mengenai eks atlet voli perempuan.

“Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ,” kata Jenderal Andika di Mabes AD, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Pada pernyataannya, Jendreral TNI Andika Perkasa juga menjelaskan bahwa Aprilia menderita hipospadias sejak lahir. Kendala ekonomi menjadi salah satu faktor penyebab tidak bisa ditanggani kondisinya dan lebih memilih menerima keadaan. Hingga akhirnya ia dianggap perempuan termasuk untuk urusan administrasi kependudukan.

Atlet Voli Aprilia Manganang 

Saat ini Aprilia Manganang sudah menjalani operasi tahap pertama dan masih recovery di RSPAD, Jakarta. Andika mengatakan bahwa Aprilia Manganang akan tetap menjadi prajurit TNI AD dan Masuk bintara di komunitas ajudan jenderal, Setelah seluruh operasinya selesai.

“Operasi ini yang saya katakan tadi adalah corrective surgery itu istilahnya atau operasi korektif. Jadi tidak ada pergantian kelamin yang bukan administrasi tadi. Kalau tadi yang akan kita urus ke Pengadilan Negeri Tondano tadi kan administrasi kependudukannya. Tetapi Manganang adalah laki-laki dan tidak ada pergantian secara fisik yang mungkin tadinya dari organ-organ kelamin wanita menjadi pria. Itulah penegasan saya,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini