Memperingati Earth Day Atau Hari Bumi Setiap Tanggal 22 April

Terpopuler

Setiap tanggal 22 April kita memperingati Earth Day atau Hari Bumi. Pada perayaan tahun ini, tema yang diusung adalah Restore Our Earth atau Pulihkan Bumi Kita. Hari Bumi berangkat dari gerakan lingkungan modern pada tahun 1970 sebagai bentuk dukungan bagi perlindungan lingkungan.

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali makhluk hidup, termasuk manusia. Awalnya Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup.

Pada Januari 1969, senator asal Wisconsin itu menyaksikan kerusakan akibat tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California. Terinspirasi oleh gerakan mahasiswa anti-perang, Senator Nelson ingin menanamkan kesadaran publik tentang polusi udara dan air lewat para mahasiswa.

Kini Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network). Lebih dari 1 miliar orang di 192 negara sekarang berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi setiap tahun. Hari Bumi dijadikan peringatan sipil terbesar di dunia

Google Doodle Ikut Memperingati Earth Day

Seperti biasa, Google juga memperingati setiap kejadian bersejarah melalui Google Doodle. Untuk tema Hari Bumi 2021, Google Doodle menampilkan video animasi berdurasi 40 detik dengan latar belakang musik yang menenangkan.

Salah satu dari banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga Bumi tetap sehat untuk generasi mendatang adalah dengan menanam berbagai pohon. Dengan pohon dapat membantu memperlambat perubahan iklim dan meningkatkan kualitas udara dengan menyerap karbon dioksida, salah satu elemen penyumbang utama efek rumah kaca.

Dengan menanam pohon berarti kita juga membantu melestarikan tanah dan mendukung satwa liar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini