Korban Vandalisme, Tugu Sepatu di Sudirman Menghilang

Terpopuler

Keberadaan tugu sepatu di Jakarta tak berlangsung lama. Usai dipajang beberapa hari lalu, tugu sepatu yang berada di pinggir Jalan Sudirman, Jakarta Pusat dibongkar setelah menjadi sasaran aksi vandalisme.

Aksi corat coret terhadap instalasi sepatu raksasa tersebut dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku prihatin dengan adanya aksi vandalisme berupa pencoretan Tugu Sepatu. Riza mengatakan pihaknya tidak akan tinggal diam dan akan berupaya mencari para pelaku vandalisme.

“Tentu kami prihatin. Kreativitas itu baik dan penting, kami berikan kesempatan seluas luas-luasnya bagi generasi muda khususnya untuk meningkatkan kreativitas. Namun demikian harus tahu tempatnya,” kata Riza di kantor DPW PPP DKI Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Tugu Sepatu

Sebelumnya, diketahui belum lama ini Pemprov DKI berkolaborasi dengan sejumlah pihak telah memasang tugu sepatu raksasa di tengah Ibu Kota. Instalasi sepatu itu dibangun persis di depan Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas. Mereknya adalah Compass dengan dominasi warna putih, kuning, biru, coklat muda, dan merah.

Pemprov DKI Jakarta memberikan penjelasan terkait keberadaan tugu atau instalasi sepatu. Tugu tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif.

Seni instalasi itu merupakan bentuk gerakan dari Festival Kolaborasi Jakarta, merk sepatu lokal Compass, dan PT Bank Central Asia Tbk. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Gumilar Ekalaya mengatakan kegiatan ini dibuat untuk menyambut Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang diinisiasi United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Selain di kawasan Sudirman, instalasi sepatu akan dipasang di 2 titik lainnya, yaitu Lapangan Banteng dan Alun-alun Velodrome.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini