Jaga Kesehatan dan Psikologi Anak di Masa Pandemi dengan 5 Cara Ini

Terpopuler

Pandemi covid-19 banyak menyababkan aktivitas terhenti, selain memang kita harus selalu menkaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Namun, perhatian kepada anak-anak juga perlu ditingkatkan, agar tentunya menjaga kesehatan mereka.

Ada banyak hal yang ternyata bisa dilakukan oleh para orang tua untuk memberikan kegiatan positif bagi anak di rumah. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Anak, dr Miza Dito Afrizal Sip, dalam peluncuran Tokopedia Parents, di Jakarta.

Ia menjelaskan, bahwa setidaknya ada lima kegiatan yang bisa dilakukan orang tua serta anak di rumah.

Olahraga, dengan melakukan kegiatan yang satu ini, menjaga kesehatan orang tua dan anak. Bisa dimulai dari olahraga yang ringan, misalnya saja, berenang, yoga, menari dan senam.

Berkebun, hal ini juga bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi anak, memberikan edukasi mengenai tanaman. “Selain mempelajari tanaman, anak juga bisa diberikan edukasi  dan tanggung jawab. Misalnya saja, bercocok tanam, memupuk benih tanaman dan lainnya,” ujarnya.

Permainan edukatif, dengan memberikan mainan yang mengasah orak anak akan berdampak bagus untuk motorik sang anak.  Misalnya saja menyusun balok, puzzle, menggambar.

Memasak, Orang tua bisa memperkenalkan bagaimana caranya memasak, mengenalkan resep masakan kepada anak. “karena beberapa menu snack sehat yang bisa dicoba di rumah dengan mudah, bisa dicoba juga,” tambah Miza.

Video Edukatif, Mengajak anak menonton bersama tayangan video edukatif sekaligus melakukan diskusi dan memberikan pesan moral kepada anak tentang pesan yang ada pada video. “Penggunaan gadget bisa diberikan kepada anak satu jam sehari, agar anak juga bisa tetap ada interaksi sosial,” jelas Miza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini