Vaksin Covid-19 Dapat Diberikan Kepada Lansia dan Ibu Menyusui

Terpopuler

Surel.id - Pemerintah saat ini sedang gencar mengkampanyekan vaksinasi untuk melawan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Target utama penyebaran vaksin diberikan kepada mereka yang berada di garda terdepan penangan Covid-19. Kemudian dibagikan merata keseluruh masyarakat dengan beberapa tahap pembagian.

Namun, tidak semua orang dapat menerima vaksin ini, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan bagi mereka yang ingin mendapatkan vaksin tersebut, diantaranya:

  • Pada saat menerima vaksin sudah berusia lebih dari 18 tahun. Dalam pedoman terbaru lansia juga termasuk dalam target vaksinasi.
  • Tidak sedang terinfeksi Covid-19. Bagi penyintas Covid-19 vaksin bisa diberikan jika sudah dinyatakan negatif selama tiga bulan.
  • Ibu hamil belum diijinkan menerima vaksin. Sedangkan untuk ibu menyusui sudah bisa mendapatkan vaksin, asalkan kondisinya terkontrol dan mendapatkan rekomendasi dari dokter.
  • Bagi pengidap penyakit kronik, seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis), asma, penyakit gangguan ginjal, penyakit jantung, penyakit hati yang sedang dalam kondisi akut atau belum terkendali, vaksinasi ditunda dan tidak bisa diberikan.

Pemberian vaksin Covid-19 akan diberikan bertahap sebanyak dua dosis. Pemberian dosis pertama vaksin Covid-19 belum membentuk perlindungan yang optimal. Akan tetapi, pemberian dosis pertama sudah cukup untuk menurunkan resiko terkena Covid-19 bergejala berat.

Dosis kedua vaksin Covid-19 sebaiknya diberikan dalam interval 21 hari untuk vaksin Pfizer-BioNTech dan 28 hari untuk vaksin Moderna sejak pemberian dosis pertama. Perlindungan terhadap Covid-19 baru terbentuk secara optimal dua pekan setelah pemberian dosis kedua vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19

Bagaimana bila terkena Covid-19 sebelum mendapatkan dosis vaksin kedua? pasien tak perlu mengulang proses vaksinasi dari awal lagi. Pasien cukup menunda dan mengatur ulang jadwal pemberian dosis vaksin kedua. Namun disarankan untuk pemulihan terlebih dahulu dengan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 penting untuk tetap dilakukan setelah pasien pulih dari Covid-19. Pemberian dosis kedua ini bertujuan untuk menyempurnakan manfaat perlindungan yang telah diberikan dari dosis pertama vaksin Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini