Suami Wajib Jaga Mental Sang Istri Setelah Melahirkan

Terpopuler

Surel.id - Untuk kalian para lelaki yang sudah berkeluarga dan saat ini sedang menantikan buah hati yang akan dilahirkan oleh sang istri tampaknya harus memperhatikan informasi yang satu ini.

Karena, sang ibu akan mengalami banyak hal, tak hanya kesehatan fisik, namun juga kondisi psikologis istri setelah melahirkan anak.

Spesialis kedokteran jiwa klinik Health 360 Indonesia dr Daniella Satyasari mengatakan, bahwa masalah mental sang istri perlu menjadi perhatian utama bagi para suami. Karena akan berpengaruh kemudian pada cara istri kita mengasuh dan merawat bayinya.

“Baby blues syndrom, depresi dan cemas postpartum merupakan hal yang paling sering terjadi pada para ibu paska melahirkan. Kita harus menjaga dan melihat gejala-gejala serta treatment apa yang harus dijalankan,” ujarnya, dalam jumpa pers di Jakarta, hari ini.

Daniella menyebut, perubahan hormon tidak dapat dicegah, namun kesadaran keluargaserta kerabat sekitar menjadi kunci dalam mengatasi gangguan mental pada ibu yang baru melahirkan.

“Termasuk pencegahan memburuknya situasi serta kondisi mental ibu, serta membantu untuk saling beradaptasi dalam menghadapi situasi yang baru ini,” jelas dr. Daniella.

Adapun hal sesederhana yang bisa dilakukan oleh suami seperti membantu mengurus bayi secara bergantian. Belajar memahami jika istri sedang kelelahan atau dalam keadaan emosi.

Cara ini juga dapat membantu para ibu terhindar dari gangguan mental postpartum.

“Masalah fisik dan mental sangat mempengaruhi. Berdasarkan penelitian, ibu membutuhkan empat sampai lima bulan untuk adaptasi status baru. Kalau lelah bilang saja, tidak apa-apa karena kita bukan robot,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini