Sering Sembelit Saat Hamil, Coba Cara Ini Yuks?

Terpopuler

Resiko yang dialami oleh ibu saat mengandung ternyata cukup banyak ya. Salah satunya adalah sembeli, yang kerap dirasakan oleh kaum wanita saat hamil.

Namun ternyata, ada cara untuk mengatasi sembelit, seperti yang disampaikan oleh peneliti Acta Obstetrica et Gynecologica Scandinavica. Dimana hampir tiga per empat ibu hamil akan mengalami sembeliy dan masalah usus lainnya.

Berikut cara mengatasi sembelit untuk ibu hamil;

Serat

Salah satu cara mengatasi sembelit bagi ibu hamil adalah diet tinggi serat. Asupan makanan tinggi serat akan memberikan suplai vitamun dan antioksidan. Pilihan makanan berserat ada pada buah-buahan, sayur-sayuran dan kacan-kacangan.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi 25-30 gram setaip harinya. Silahkan dicoba ya, semoga tidak lagi mengalami sembelit.

Cairan

Ada juga dengan cara mengkonsumsi cairan, yang akan membuat feses lembut dan mudah keluar. Ibu hamil direkomendasikan untuk minum 2,3 liter air per hari atau 10 cangkir.

Mengutip Today’s Parents, ibu bisa memulai hari dengan minuman hangat seperti teh herbal, atau air lemon hangat.

Banyak Bergerak

Nah, kalau soal yang satu ini ternyata juga bisa merangsang pergerakan usus dan mengurai sembelit. Olahraga setidaknya dilakukan sebanyak 3 kali seminggau selama 20-30 menit per sesi.

Konsumsi Probiotik

Bakteri dalam usus begitu berperan dalam proses pencernaan. Konsumsi pangan mengandung probiotik akan membantu mengisi kembali bakteri usus dengan strain sehat sehingga mendorong pergerakan usus agar normal dan teratur.

Silahkan dicoba ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini