Pasien Covid-19, Ini Anjuran MUI di Bulan Ramadhan

Terpopuler

Umat Muslim di seluruh dunia tak lama lagi akan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Dengan demikian tentunya, ada sejumlah hal yang harus dipahami terkait saat ini yakni di masa pandemi covid-19.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan, bahwa seluruh umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa, sesuai dengan syarat dan rukunnya. Namun demikian, bagi yang sedang menderita sakit, bisa diganti dengan hari lainnya.

Hal ini memang, sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam surat Al Baqarah 185. Selain itu, hal yang sama juga pada orang yang menderita sakit atau dalam hal ini covid-19, jika masih ringan tentunya wajib menjalankan puasa.

Atau memang dalam keadaan gejala sedang, masih bisa mempertimbangkan untuk menjalankan puasa atau sebaliknya. Namun, jika mengalami gejala berat, maka tidak diwajibkan menjalankan ibadah puasa.

“Demikian juga pasien yang memiliki gejala berat dan memiliki penyakit komorbid yang membahayakan jiwa maka tidak wajib berpuasa,”ujarnya, dari keterangan resminya, kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini