Olahraga Berlebihan, Ini Tiga Risiko yang Akan Kamu Hadapi

Terpopuler

Untuk kamu yang suka berolahraga tentunya baik, jika itu tujuannya untuk kesehatan. Namun, harus diketahui, bahwa dalam sebuah penelitian menyebutkan, olah raga berlebihan juga berdampak bahaya untuk tubuh.

Mengutip The Health Site menyebutkan, peneltian yang dipublikasikan di ANI mengatakan, bahwa berolahraga di atas batas dapat mengakibatkan kekelahan dan mempengaruhi penggunaan tangan serta kemampuan seseorang untuk belajar.

“Kelelahan dapat menurunkan kemampuan kita untuk melakukan suatu tugas,” jelas rilis yang disampaikan penelitian tersebut.

Berikut tiga hal yang harus kamu ketahui jika berolahraga secara berlebihan;

1. Serangan Jantung

Dari penelitian tersebut, menjelaskan, bahwa ketika seseorang berolahraga secara berlebihan, maka risiko serangan jantung juga bisa meningkat. Risiko ini juga bisa meningkat tiga kali lipatketika seseorang yang sedang marahatau emosi mengalami kelelahan yang luar biasa karena olahraga.

Dikatakan, bahwa kondisi emosi dan fisik ekstrim dapat memicu peningkatan tekanan darah serta detak jantung, dan merubah aliran darah di pembuluh serta mengurangi pasokan darah ke jantung.

2. Ketahanan Tubuh Rendah

Pakar kesehatan Erin McCann menyebutkn, saat tubuh seseorang terpapar tekanan fisik seperti olahraga, tubuh mengeluarkan hormon kortisol. Hal ini akan merangsang produksi energi dan meningkatkan ketahanan otot yang mendukung aksi reaksi.

Dimana kortisol juga bertindak sebagai immunosuppresant sehingga olahraga dengan berlebihan dapat membuat sistem kekebalan tubuh membutuhkan waktu hingga 72 jam untuk kembali pulih sepenuhnya.

3. Cedera Pada Lutut

Penelitian di University of California-San Fransisco menyebutkan bahwa aktivitas fisik yang tinggi dapat mempercepat munculnya cedera lutut. Hal ini sangat rentan dialami oleh orang paruh baya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini