Memperingati Hari Bipolar Sedunia Setiap Tanggal 30 Maret

Terpopuler

Dunia memperingati hari Bipolar Sedunia setiap 30 Maret. Tanggal tersebut bertepatan dengan ulang tahun seniman legendaris dunia yang juga mengalami bipolar, Vincent Van Gogh. Gangguan bipolar ditandai dengan perubahan suasana hati yang berubah sangat tiba-tiba.

Pengidap gangguan bipolar pasti pernah mengalami fase manik, fase dimana seseorang merasakan bahagia yang berlebihan. Kondisi ini bisa terlihat dari energi yang tinggi, suasana hati meningkat, sulit konsentrasi, cepat marah, kurang tidur, dll.

Makanan tertentu dapat juga menimbulkan resiko gejala gangguan menjadi lebih buruk. Terdapat jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi mereka yang menderita bipolar.

Bipolar
  • Kafein bisa menjadi pemicu bipolar yang tidak disadari dan juga dapat mengganggu kualitas tidur. Selain mempengaruhi kualitas tidur kafein juga dapat meningkatkan gangguan dan kecemasan.
  • Alkohol dapat mempengaruhi suasana hati dan dapat berinteraksi secara negatif dengan obat-obatan seperti lithium, menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI).
  • Makanan tinggi gula dapat mempersulit dalam pengendalian berat badan dan obesitas. Disarankan untuk mengganti makanan manis dengan buah-buahan.
  • Batasi asupan garam dan lemak dengan cermat. Bagi penderita bipolar yang menggunakan lithium sebaiknya menghindari diet rendah natrium dan dehidrasi. Dianjurkan lebih memilih produk olahan susu rendah lemak, makan banyak buah, sayuran dan biji-bijian yang sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini