Kenali dan Waspada Tahi Lalat di Tubuh Anda

Terpopuler

Setiap manusia pada umumnya memiliki tahi lalat pada bagian tubuhnya. Tentunya tahi lalat ini juga tak mengenal usia, baik dewasa, remaja hingga anak-anak.

Tapi, ada juga kondisi tahi lalat yang harus kamu waspadai, karena tak menutup kemungkinan tahi lalat tersebut bisa membesar dan berubah warna menjadi hitam.

Baca Juga: Ada-Ada Saja, 59 Pasangan Nikah di Atas Gajah?

Mengutip laman American Academy of Dermatology (AAD) ada beberapa hal yang harus kamu ketahui soal tahi lalat.

Perubahan tahi lalat

Tahi lalat yang tumbuh membesar dan berwarna hitam, adalah sebuah hal yang dianggap masih normal. Namun demikian, kamu juga harus waspada jika pertumbuhan tahi lalat tersebut berkembang dengan cepat.

Tahi lalat berbentuk kubah dan menonjol dengan pinggir bergerigi

Untuk bentuk yang satu ini, kamu juga harus waspada, karena bisa kemungkinan merupakan kondisi Spitz Nevus.

Spitz nevus sendiri merupakan tahi lalat yang biasanya muncul antara usia 10-20 tahun. Meski tidak berbahaya, namun Spitz nevus terlihat sangat mirip dengan melanoma, yang juga bisa berdarah, pecah, dan menonjol.

Disarankan, agar kamu juga memeriksanya ke dokter untuk memastikan bahwa tahi lalat tak menjadi tanda melanoma.

Berdarah

Adapula tahi lalat yang berdarah tanpa alasan. Kondisi ini harus segera diperiksa ke dokter, karena bisa terjadi kerusakan pada kulit  dan menjadi tanda melanoma.

Tahi lalat berjumlah banyak

Jumlah normal pada usia dewasa biasanya memiliki kurang lebih 12-20 tahi lalat, tapi jika jumlahnya lebih dari itu kamu juga harus waspasa. Karena beberapa anak yang memiliki banyak tahi lalat akan mengalami melanoma sejak dini.

Dimana sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa lebih dari separuh pasien melanoma usia 15-19 tahun memiliki setidaknya ada 100 tahi lalat.

Tahi lalat berukuran besar

Tahi lalat besar umumnya berukuran diameter 18 cm atau lebih. Tahi lalat jenis ini umumnya telah muncul saat anak dilahirkan.

Baca Juga: Sit Up Bisa Bakar Lemak di Perut, Benar Gak Sih?

Memiliki tahi lalat yang besar akan meningkatkan risiko anak terkena melanoma dan masalah kesehatan lainnya. Risiko ini lebih besar saat anak masih kecil. Lebih dari setengah kasus melanoma yang berkembang pada tahi lalat berukuran besar didiagnosis pada usia 10 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini