Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Vaksinasi, Aman Gak Sih?

Terpopuler

Masyarakat Indonesia saat ini sedang menunggu vaksin yang akan digunakan untuk menahan laju penyebaran virus covid-19, selain berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh kita. Namun, ada yang harus diperhatikan, apakan aman atau tidak jika ibu hamil menjalani vaksinasi.

Meski data mengenai pengaruh imunogenitas kehamilan dan ibu menyusui terhadap vaksin covid-19 masih terbatas, namun secara teoritis, kehamilan tidak mengubah evikasi suatu vaksin.

Hal ini diungkapkan oleh dr Ari Kusuma Januarto spOG (K) Obginsos selaku ketua pengurus pusat perhimpunan obstetri dan ginekolog Indonesia (PP POGI).

Ia menjelaskan, saat ini belum ada data ilmiah mengenai efektifitas maupun potensi bahaya pemberian vaksin covid-19 untuk ibu hamil dan menyusui. Karena sesuai kelaziman pembuatan dan penelitian vaksin baru, maka golongan ibu hamil dan menyusui tidak dimasukkan pada penelitian fase 1,2 dan 3 sehingga belum didapatkan data khusus ibu hamil dan menyusui terkait efektifitas vaksin maupun aspek keamanannya.

“POGI mendorong untuk dapat terlaksananya penelitian berbasis pelayanan yang melibatkan ibu hamil dan menyusui pada fase 3 terutama dari kalangan tenaga kesehatan sebagaimana yang telah direkomendasikan oleh WHO,” tegasnya, dalam keterangan tertulis. (antara/Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini