7 Hal Yang Dapat Membatalkan puasa

Terpopuler

Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang melaksanakan puasa Ramadhan. Selama sebulan penuh umat islam diwajibkan melaksanakan puasa. Puasa mengandung pengertian ibadah untuk menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkannya mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Ibadah puasa seseorang bisa batal karena tidak dapat menahan syahwat, perut, dan hawa nafsu. Haid pada perempuan di siang hari juga dapat membatalkan puasa.

Berikut Hal-hal yang dapat membatalkan puasa.
  • Makan dan Minum di siang hari pada bulan Ramadhan dengan sengaja dapat membatalkan puasa.
  • Berhubungan suami-istri di siang hari juga membatalkan puasa.
  • Bagi perempuan jika sedang haid atau nifas (mengeluarkan darah akibat proses melahirkan), maka tidak diwajibkan berpuasa.
  • Keluarnya air mani dengan sengaja, baik dengan cara masturbasi/onani atau sebab bersentuhan dengan lawan jenis. Namun, jika mani keluar ketika mimpi basah maka ini masuk kategori tidak disengaja, sehingga puasa tetap sah dan tidak batal.
  • Gila, ketika hal ini terjadi pada seseorang di pertengahan melaksanakan puasanya, maka puasa orang tersebut batal. Karena puasa diwajibkan bagi umat Islam yang dewasa (baligh), berakal sehan dan tidak sedang halangan.
  • Muntah dengan sengaja atau memasukkan suatu benda ke dalam mulut hingga muntah, maka dapat membatalkan puasa. Muntah yang terjadi karena tidak sengaja seperti karena sedang sakit, maka puasanya tetap sah dan tidak batal.
  • Murtad (keluar dari agama Islam), jika seseorang mengingkari keesaan Allah atau mengingkari hukum syariat, maka puasanya batal.

Jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, bulan Ramadhan mempunyai sisi kemuliaan tersendiri. Yakni satu malam nilainya lebih dari seribu bulan.

Semoga ibadah puasa kita pada bulan Ramadhan kali ini diberi kelancaran dan kesempurnaan serta menjadi ibadah yang diterima oleh Allah subhanahu wata’ala. Amin yaa Rabbal ‘alamin. Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini