5 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Terpopuler

Surel.id - Banyak manfaat berpuasa bagi kita yang melaksanakannya. Seluruh umat Islam di dunia diwajibkan berpuasa di bulan Ramadan, dengan menahan makan, minum serta hawa nafsu. Kita diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan, diharapkan dengan berpuasa dapat meningkatkan iman dan juga menjaga kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat berpuasa bagi kesehatan?

Manfaat Berpuasa

Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita sedang melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal

Sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik ketika menjalankan ibadah puasa.

Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10x lipat.

Berpuasa juga dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Berkurangnya asupan kalori dalam tubuh saat berpuasa, dapat mengurangi resistensi insulin.

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jangan lupa, jika waktunya berbuka kita disunnahkan untuk memakan makanan yang manis. Salah satu makanan yang baik untuk berbuka adalah segelas air putih dan kurma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini